cover
Contact Name
Dedeh Fardiah
Contact Email
uptpublikasi@unisba.ac.id
Phone
+6285294008040
Journal Mail Official
jrjmd@unisba.ac.id
Editorial Address
UPT Publikasi Ilmiah lantai 4, Rektorat Unisba, Jln Tamansari No.20, 40116
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital
ISSN : 28083067     EISSN : 27986403     DOI : https://doi.org/10.29313/jrjmd.v1i2
Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital (JRJMD) adalah jurnal peer review dan dilakukan dengan double blind review (direview secara tertutup) yang mempublikasikan kajian teoritik dan hasil riset terhadap isu-isu empirik dalam sub kajian Jurnalistik dan media digital. JRJMD ini dipublikasikan pertamanya 2021 dengan eISSN 2798-6403 yang di kelola dan di publikasikan oleh UPT Publikasi Ilmiah, Universitas Islam Bandung. Semua artikel diperiksa plagiasinya dengan perangkat lunak anti plagiarisme. Jurnal ini akan ter-indeks di Google Schoolar, Garuda, Crossref, dan DOAJ. Terbit setiap Juli dan Desember.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Volume 1, No. 2, Desember 2021 Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital (JRJMD)" : 10 Documents clear
Resepsi Penggiat Punk Bandung terhadap Tayangan ‘Punk Kuba’ di Vice Indonesia Adwil Masdhianri; Ratri Rizki
Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital Volume 1, No. 2, Desember 2021 Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital (JRJMD)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.653 KB) | DOI: 10.29313/jrjmd.v1i2.423

Abstract

Abstract. The rapid development of punk in Indonesia, especially in Bandung, however literacy and research on punk are still very little. Advances in technology and the internet also make information much easy and faster to obtain. The presence of new media and social media provides a choice for the punk community to find news and information. Using the Youtube channel, Vice Indonesia reported about the punk community in Cuba who protested against the government by injecting HIV into themselves as a form of resistance. The variety of thoughts, experiences, and knowledge of punk activists in Bandung led to various receptions that emerged after seeing the show. Punk activists held a message reception from Vice Indonesia about the punk protests in Cuba. The show was interest and informative for the punk activists in Bandung. It gives new perspectives and insights for them regarding social conditions of the community influenced punk in Cuba. The negative stigma from society occurs because the community is unfamiliar with the punk, and it has to be countered by blending in with them. However, not all of them receive the full message given by this reportage. Their reception is not absolute depending on which points and issues they received. Punk activists in Bandung internalize media messages about the punk values into their daily lives by applying them to the aspects of life and spreading them through their works. Abstrak. Semakin pesatnya perkembangan punk di Indonesia, khususnya di Bandung, namun literasi dan penelitian mengenai punk masih sangat sedikit. Kemajuan teknologi dan internet juga membuat informasi semakin mudah dan cepat untuk didapatkan. Kehadiran media baru dan media sosial memberikan alternatif pilihan bagi komunitas punk untuk mencari berita dan informasi. Vice Indonesia melalui media sosial Youtube memberitakan mengenai komunitas punk di Kuba yang memprotes pemerintah dengan menyuntikan virus HIV ke diri mereka sendiri sebagai bentuk perlawanan. Beragamnya pemikiran, pengalaman dan pengetahuan dari penggiat punk di Bandung menyebabkan timbul beragam resepsi yang muncul sesudah melihat tayangan tersebut. Penggiat punk melakukan sebuah resepsi pesan dari tayangan Vice Indonesia mengenai aksi protes punk di Kuba, bagi para penggiat punk di Bandung tayangan tersebut menarik dan informatif, memberikan sudut pandang dan wawasan baru, mereka menyadari bahwa kondisi sosial masyarakat berpengaruh terhadap punk di Kuba. Menurut mereka stigma negatif dari masyarakat terjadi karena kurang mengenalnya masyarakat terhadap punk, dan stigma negatif itu harus dilawan dengan cara membaur dengan masyarakat. Meskipun begitu, tidak semua dari mereka menerima pesan sepenuhnya yang diberikan oleh tayangan ini dan posisi hipotekal mereka tidak selamanya mutlak, tergantung kepada poin dan pesoalan mana yang diterima. Penggiat punk di Bandung meng-internalisasikan pesan media mengenai nilai-nilai punk yang mereka terima kedalam kehidupan sehari-hari dengan cara menerapkannya dalam aspek kehidupan serta menyebarluaskannya melalui karya–karya mereka. Kata Kunci: Analisis Resepsi, Penggiat Punk, Posisi Hipotekal, Media Sosial
Penerapan Citizen Journalism dalam Pemberitaan Lingkungan Hidup di Media Online Vania Diah Cahyarani; Doddy Iskandar
Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital Volume 1, No. 2, Desember 2021 Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital (JRJMD)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.457 KB) | DOI: 10.29313/jrjmd.v1i2.424

Abstract

Abstrack. The development of communication and information media has changed the world of journalism. Now not only journalists or reporters can report an event, but every citizen can do it too. This is known as citizen journalism. The presence of citizen journalism can help the media in providing wider information to the public. Citizen Journalism in Indonesia is growing rapidly when online media begins to grow. Tabaos.id is an online media that creates a forum for citizen journalism with a focus on various events or facts that occur in eastern Indonesia, especially regarding environmental issues. This study aims to determine how affiliations, expressions, collaborative problem solving, and Tabaos.id circulations apply in the application of citizen journalism-based environmental reporting. This research was conducted using a qualitative research method with the case study approach of Robert K. Yin. Researchers use participatory culture as the main theory to answer research questions. The results showed that: (1) Affiliations used by Tabaos.id were membership in social media from citizen journalism. Of the six news stories on environmental issues studied, the researchers saw the tendency of citizen journalism in Tabaos.id affiliates to actively use Facebook media channels to send or report news. Facebook Messenger came in second and Whatsapp third. (2) Of the six news stories studied, the written expression expressed by citizen journalism leads to advocacy and education with multi-variative issues. Not optimal reporting on environmental issues made by citizen journalism on Tabaos.id in the form of participatory aspects of expressions to produce creative and innovative content. (3) Based on collaborative problem solving, Tabaos.id collaborates with NGOs (Non-Governmental Organizations). (4) Based on circulations Tabaos.id is included in the news portal. Abstrak. Perkembangan media komunikasi dan informasi membuat dunia jurnalistik mengalami perubahan. Kini bukan hanya wartawan atau reporter saja yang dapat melaporkan suatu peristiwa, tetapi setiap warga juga dapat melakukannya. Hal ini disebut sebagai citizen journalism. Kehadiran citizen journalism dapat membantu media dalam memberikan informasi yang lebih luas untuk masyarakat. Citizen Journalism di Indonesia semakin berkembang pesat ketika media-media online mulai tumbuh. Tabaos.id hadir sebagai media online yang membuat wadah untuk para citizen journalism dengan fokus pada berbagai peristiwa atau fakta yang terjadi di kawasan timur Indonesia khususnya mengenai isu lingkungan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana affiliations, expressions, collaborative problem solving, dan circulations Tabaos.id dalam penerapan pemberitaan lingkungan hidup berbasis citizen journalism. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus Robert K. Yin. Peneliti menggunakan participatory culture sebagai teori utama untuk menjawab pertanyaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Affiliations yang digunakan oleh Tabaos.id yaitu keanggotaan dalam media sosial dari citizen journalism. Dari enam berita mengenai isu lingkungan hidup yang diteliti, peneliti melihat kecenderungan jurnalisme warga dalam affiliations Tabaos.id paling aktif menggunakan saluran media Facebook untuk mengirim atau melaporkan sebuah berita. Facebook Messenger berada di urutan kedua dan Whatsapp ketiga. (2) Dari keenam berita yang diteliti, ekspresi tulisan yang diungkapkan oleh jurnalisme warga mengarah ke advokasi dan edukasi dengan isu multi variatif. Belum optimalnya pemberitaan mengenai isu lingkungan hidup yang dibuat oleh citizen journalism di Tabaos.id ke dalam bentuk partisipatori aspek expressions untuk menghasilkan konten kreatif dan inovatif. (3) Berdasarkan collaborative problem solving Tabaos.id melakukan kolaborasi dengan LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat). (4) Berdasarkan circulations Tabaos.id termasuk ke dalam portal berita.
Komunikasi Publik Supporter Bali United Melalui Media Live Streaming Youtube pada Konser Tribun Voice Muhamamd Falah Ramadhan
Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital Volume 1, No. 2, Desember 2021 Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital (JRJMD)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.858 KB) | DOI: 10.29313/jrjmd.v1i2.425

Abstract

Abstract. This research is motivated by the existence of a virtual concert by Tribun Voice 2020 using YouTube live streaming as the medium. This is done to provide entertainment and enthusiasm for people affected by COVID-19. On the other hand, this was done virtually because of the ban on permits to hold events by inviting large crowds by the Indonesian government. The purpose of this research is to find out the benefits of using YouTube live streaming media today. To uncover this, this research uses a qualitative research method with a case study approach. Live streaming is a symbol of current technological advances that can provide viewing to the wider community without any distance restrictions. Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya konser secara virtual oleh Tribun Voice 2020 dengan menggunakan live streaming youtube sebagai media nya. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan hiburan serta semangat bagi masyarakat yang terdampak covid-19. Disisi lain hal tersebut dilakukan secara virtual karena adanya larangan izin untuk membuat acara dengan mengundang masa yang banyak oleh pemerintah Indonesia. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui manfaat penggunaan media live streaming youtube saat ini. Untuk membongkar hal tersebut penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Live streaming menjadi simbol dari kemajuan teknoligi saat ini yang dapat memberikan tontonan kepada masyarakat luas tanpa ada batasan jarak.
Analisis Isi Berita MotoGP di Detik.com Erza Muhammad Faisal
Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital Volume 1, No. 2, Desember 2021 Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital (JRJMD)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (104.726 KB) | DOI: 10.29313/jrjmd.v1i2.426

Abstract

Abstract. MotoGP is one of the most popular sports in Indonesian society, based on data from Google Trend for the past year, Indonesians have placed the first position in the number of searches regarding MotoGP. One of the media that provides news about MotoGP for the Indonesian people is the online media Detik.com. As media prioritizing new, current, or hot news, online media must be able to present news that meets the elements of news quality, including aspects of accuracy, balance, objectivity, novelty, as well as being brief and clear. This research discusses the quality of news about MotoGP on the online media Detik.com in terms of accuracy, balance, objectivity, novelty, and concise and clear. The method used in this research is descriptive method with content analysis techniques. The population in this research is the MotoGP news in the online media Detik.com, from January 1, 2021 to January 31, 2021, as many as 16 news stories. By using a random sampling technique, a sample of 8 news was obtained. The results of the study show that the online media Detik.com has paid attention to the elements of news quality in a report. This can be seen from the news that MotoGP on Detik.com has fulfilled three of the two elements of news quality used in the research, News is Accurate, News is Balanced, and News is Recent. Abstrak. MotoGP merupakan salah satu cabang olahraga yang populer di masyarakat Indonesia, berdasarkan data dari Google Trend selama satu tahun terakhir, masyarakat Indonesia menempatkan posisi pertama dalam jumlah pencarian mengenai MotoGP. Salah satu media yang menyediakan berita-berita seputar MotoGP untuk masyarakat Indonesia adalah media online Detik.com. Sebagai media mengutamakan kebaruan berita, terkini, atau hangat, media online harus dapat menyajikan sebuah berita yang memenuhi unsur-unsur kualitas berita, meliputi aspek keakuratan, keseimbangan, objektivitas, kebaruan, serta singkat dan jelas. Penelitian ini membahas mengenai kualitas pemberitaan seputar MotoGP pada media online Detik.com ditinjau dari aspek keakuratan, keseimbangan, objektif, kebaruan, serta singkat dan jelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik analisis isi. Populasi dalam penelitian ini adalah berita MotoGP di media online Detik.com, periode 1 Januari 2021 sampai 31 Januari 2021 sebanyak 16 berita. Dengan menggunakan teknik penarikan sampel acak diperoleh sampel sebanyak 8 berita. Hasil penelitian, menunjukan media online Detik.com telah memperhatikan unsur kualitas berita di dalam sebuah pemberitaan. Hal ini dapat dilihat dengan pemberitaan MotoGP di Detik.com telah memenuhi tiga dari dua unsur kualitas berita yang digunakan dalam penelitian, yakni aspek keakuratan berita (News is Accurate), keseimbangan berita (News is Balanced), dan kebaruan berita (News is Recent).
Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Nasabah PT. X Sulaeman; AG. Sudibyo
Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital Volume 1, No. 2, Desember 2021 Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital (JRJMD)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.357 KB) | DOI: 10.29313/jrjmd.v1i2.427

Abstract

Abstract. MotoGP is one of the most popular sports in Indonesian society, based on data from Google Trend for the past year, Indonesians have placed the first position in the number of searches regarding MotoGP. One of the media that provides news about MotoGP for the Indonesian people is the online media Detik.com. As media prioritizing new, current, or hot news, online media must be able to present news that meets the elements of news quality, including aspects of accuracy, balance, objectivity, novelty, as well as being brief and clear. This research discusses the quality of news about MotoGP on the online media Detik.com in terms of accuracy, balance, objectivity, novelty, and concise and clear. The method used in this research is descriptive method with content analysis techniques. The population in this research is the MotoGP news in the online media Detik.com, from January 1, 2021 to January 31, 2021, as many as 16 news stories. By using a random sampling technique, a sample of 8 news was obtained. The results of the study show that the online media Detik.com has paid attention to the elements of news quality in a report. This can be seen from the news that MotoGP on Detik.com has fulfilled three of the two elements of news quality used in the research, News is Accurate, News is Balanced, and News is Recent. Abstrak. MotoGP merupakan salah satu cabang olahraga yang populer di masyarakat Indonesia, berdasarkan data dari Google Trend selama satu tahun terakhir, masyarakat Indonesia menempatkan posisi pertama dalam jumlah pencarian mengenai MotoGP. Salah satu media yang menyediakan berita-berita seputar MotoGP untuk masyarakat Indonesia adalah media online Detik.com. Sebagai media mengutamakan kebaruan berita, terkini, atau hangat, media online harus dapat menyajikan sebuah berita yang memenuhi unsur-unsur kualitas berita, meliputi aspek keakuratan, keseimbangan, objektivitas, kebaruan, serta singkat dan jelas. Penelitian ini membahas mengenai kualitas pemberitaan seputar MotoGP pada media online Detik.com ditinjau dari aspek keakuratan, keseimbangan, objektif, kebaruan, serta singkat dan jelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik analisis isi. Populasi dalam penelitian ini adalah berita MotoGP di media online Detik.com, periode 1 Januari 2021 sampai 31 Januari 2021 sebanyak 16 berita. Dengan menggunakan teknik penarikan sampel acak diperoleh sampel sebanyak 8 berita. Hasil penelitian, menunjukan media online Detik.com telah memperhatikan unsur kualitas berita di dalam sebuah pemberitaan. Hal ini dapat dilihat dengan pemberitaan MotoGP di Detik.com telah memenuhi tiga dari dua unsur kualitas berita yang digunakan dalam penelitian, yakni aspek keakuratan berita (News is Accurate), keseimbangan berita (News is Balanced), dan kebaruan berita (News is Recent).
Impression Management News Anchor dalam Membawakan Berita Nuril Lutfiah Saleh
Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital Volume 1, No. 2, Desember 2021 Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital (JRJMD)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.959 KB) | DOI: 10.29313/jrjmd.v1i2.490

Abstract

Abstract. A news anchor is someone who presents some information in a news television program. The appearance of a news anchor which looks smart, neat, and prestigious is one of the factors why Indonesian viewers still getting information from television. However, news anchors are not always looking like they do on the TV. Everyone has their front stage which consists of a personal front (anything within them) and expressive equipment (supporting tools for their role), also the back stage which consists of anything hidden. In this case, a news anchor might be having an opposite character shown on or off-camera. This research aims to discover the front stage and the back stage of a news anchor from TVRI Jawa Barat, Mehdi Hairi Yazdi. This research used the qualitative method with Goffman’s dramaturgy approach. In this research also, data were collected by field research (interviews, observation, and documents) and literature research. From this research, it is shown that: 1) In the front stage, Mehdi wants to be known as elegant, charismatic, yet still suits his young age through his appearance, manner, and interaction. Mehdi also obeys the rule in the office, yet it’s still conditional to make ease on him. 2) In the back stage, Mehdi prioritizes the technical and news source preparation before on-air that shows he’s a planning person, and also, Mehdi shows the difference in appearance and manner as well as his true self although he still can suit the situation he is in to. Abstrak. Pembawa acara berita atau news anchor merupakan seseorang yang menyajikan serangkaian informasi dalam sebuah program televisi. Kehadiran news anchor pun menjadi salah satu faktor masyarakat Indonesia masih menonton berita di televisi karena news anchor yang menampilkan kesan cerdas, rapi, dan berwibawa saat membawakan program berita. Namun, tidak selamanya seorang news anchor berpenampilan dan berperilaku layaknya ketika membawakan berita di layar kaca, bahkan dalam kegiatan sehari-hari. Setiap orang memiliki panggung depan (front stage) yang terdiri dari personal front (segala yang melekat di dirinya) dan expressive equipment (alat-alat yang mendukung perannya), serta panggung belakang (back stage) yang di dalamnya terdapat hal-hal yang tersembunyi. Dalam hal ini, news anchor bisa jadi memiliki karakter yang bertolak belakang antara di depan dan di belakang kamera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui panggung depan dan panggung belakang dari news anchor TVRI Jawa Barat yakni Mehdi Hairi Yazdi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan dramaturgi Goffman. Dalam penelitian ini, penulis mengambil data melalui teknik lapangan (wawancara, observasi, dan studi dokumentasi) dan teknik literatur. Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) Dalam front stage, Mehdi ingin menunjukkan dirinya sebagai news anchor yang elegan, berkharisma, tetapi sesuai dengan usianya yang masih muda kepada pemirsa melalui upaya yang dilakukan dari segi penampilan, sikap dan perilaku, dan interaksi. Mehdi juga merupakan orang yang menaati peraturan atau ketentuan dari kantornya. 2) Dalam back stage, Mehdi lebih mengutamakan persiapan teknis dan materi sebelum siaran yang menunjukkan dia sebagai seorang yang terstruktur, dan dalam back stage pula Mehdi menunjukkan perbedaan penampilan dan sifat serta menunjukkan jati diri dia yang sebenarnya walaupun masih bisa disesuaikan dengan situasi dan agenda yang diikuti.
Kredibilitas Pemberitaan Distribusi Vaksin Covid-19 di Indonesia Anisa Suci Rahmawati; Ferry Darmawan
Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital Volume 1, No. 2, Desember 2021 Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital (JRJMD)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.341 KB) | DOI: 10.29313/jrjmd.v1i2.491

Abstract

Abstract. Since March 2020, news about the Covid-19 pandemic has increasingly dominated media content considering that the virus has begun to enter this country. This study focuses on media coverage of the distribution of the Covid-19 vaccine. The purpose of this study is to determine the credibility (accuracy, believability, bias and completeness) online media Detik.com and Kompas.com. This study uses a quantitative approach with content analysis method. Data collection techniques are carried out by the coding process statements or writing. Flanagin and Metzger's credibility theory was used with the object of research being the credibility of the Covid-19 vaccine distribution news in the online media Detik.com and Kompas.com December 2020 - February 2021 edition. The results of the study stated that the news published by Kompas.com on the believability dimension received 21% opinion and 93% transparency. Dimension accuracy is 100% according to the title, 73% there is a writing error, and 43% is the suitability of the photo. The bias dimension is 53% cover both sides and the completeness dimension is 80% completeness 5W+1H. For news published by Detik.com on the believability dimension, it gets 18% opinion and 87% transparency. Dimension accuracy is 100% according to the title, 47% there are writing errors, and 88% is the suitability of the photo. The bias dimension is 33% cover both sides and the completeness dimension is 100% completeness 5W+1H. Based on the four dimensions, news about the distribution of the Covid-19 vaccine in Indonesia published by Kompas.com and Detik.com did not all meet the dimensions of credibility. Abstrak. Semenjak bulan Maret 2020 pemberitaan seputar pandemi Covid-19 semakin mendominasi isi media mengingat virus tersebut mulai memasuki negeri ini. Penelitian ini berfokus pada pemberitaan media mengenai distribusi vaksin Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kredibilitas (accuracy, believability, bias dan completeness) media online Detik.com dan Kompas.com. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis isi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara proses coding atau menyandi pernyataan atau penulisan. Untuk membedah penelitian ini digunakan teori kredibilitas Flanagin dan Metzger dengan objek penelitian kredibilitas pemberitaan distribusi vaksin Covid-19 di media online Detik.com dan Kompas.com edisi Desember 2020 – Februari 2021. Hasil penelitian menyatakan berita yang dimuat Kompas.com pada dimensi believability mendapatkan 21% opinitative dan 93% transparansi. Dimensi accuracy 100% kesesuaian judul, 73% ada kesalahan penulisan, dan 43% kesesuaian foto. Dimensi bias 53% cover both sides dan dimensi completeness 80% kelengkapan 5W+1H. Untuk berita yang dimuat Detik.com pada dimensi believability mendapatkan 18% opinitative dan 87% transparansi. Dimensi accuracy 100% kesesuaian judul, 47% ada kesalahan penulisan, dan 88% kesesuaian foto. Dimensi bias 33% cover both sides dan dimensi completeness 100% kelengkapan 5W+1H. Berdasarkan keempat dimensi, berita mengenai distribusi vaksin Covid-19 di Indonesia yang dimuat Kompas.com dan Detik.com belum semua memenuhi dimensi dalam kredibilitas.
Fenomena Junalisme TikTok di Media Baru Jilan Dwina Suryaputri
Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital Volume 1, No. 2, Desember 2021 Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital (JRJMD)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.372 KB) | DOI: 10.29313/jrjmd.v1i2.492

Abstract

Abstract. The medua currently provides many alternative choices for the public to consume all types of news, one of which is news in online form. Many important sifts have occurred in the process of delivering messages through the media, especially in a very advanced era, supported by the development of technology ang the digital world, media entrepreneurs choose to switch to various platforms that can be profitable, not only by using their website but all over the world. Social media such as Twitter, Facebook, Instagram and TikTok are used by the media to keep reporting varios news that are happening. TkTok is one of the appliactions that is currently the most uploaded by the public. CNBC Indonesia, Urbanasia.com abd TribunJabar.id are media that participate in using TikTok in their news distribution media. This study aims to obtain data and also information related to the use and production process of news on TikTok as well as ethics and journalistic rules in news videos uploaded on TikTok which are one of the ain highlights. Data collection techniques used in , this research are interviews, observation and literature study. The editorial team from CNBC Indonesia,Urbanasia.com and TribunJabar.id media were informants and also rsource persons in this research. By using qualitative research methods with a case study approach, the researcher tries to uncover the phenomena of TikTok journalism in new media. Abstrak. Media saat ini memberikan banyak sekali pilihan alternatif kepada masyarakat untuk mengonsumsi semua jenis pemberitaan salah satunya pemberitaan dalam bentuk online. Banyak pergeseran penting yang terjadi dalam proses penyampaian pesan melalui media khususnya di era yang sangat maju seperti saat ini dengan di dukung perkembangan teknologi dan dunia digital para pangusaha media memilih untuk beralih ke berbagai platform yang dapat menguntungkan, tak hanya memanfaatkan laman website-nya tetapi seluruh media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram dan TikTok digunakan media-media untuk terus mengabarkan berbagai pemberitaan-pemberitaan yang terjadi. TikTok menjadi salah satu aplikasi yang saat ini paling banyak diunggah oleh masyarakat. CNBC Indonesia, Urbanasia.com dan TribunJabar.id merupakan media-media yang turut serta memanfaatkan TikTok dalam media penyebaran beritanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan juga infromasi terkait pemanfaatan serta proses produksi pemberitaan di TikTok dan juga etika dan kaidah jurnalistik dalam video pemberitaan yang diunggah di TikTok yang menjadi salah satu sorotan utama. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan studi pustaka. Tim redaksi dari media CNBC Indonesia, Urbanasia.com dan TribunJabar.id menjadi informan dan juga narasumber di dalam penelitian ini. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, peneliti berusaha menguak fenomena-fenomena jurnalisme TikTok di media baru.
Konstruksi Isu Lingkungan dalam Film Green Warriors: Indonesia The World’s Most Polluted River Raden Rahadian Firman Akbar
Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital Volume 1, No. 2, Desember 2021 Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital (JRJMD)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.749 KB) | DOI: 10.29313/jrjmd.v1i2.504

Abstract

Abstract. The Citarum River has a few problems from upstream to downstream. The damage and neglect that lasted for years slowly became a threat to the surrounding community. Documentary films as a medium of mass communication in practice record and document people's lives, or raise certain values ​​related to reality. The film Green Warriors: Indonesia The Worlds Most Polluted River tries to record and investigate the problems that occur in the Citarum Watershed (DAS). Based on this, the research questions include: (1) How is the construction of environmental issues in the film Green Warriors: Indonesia seen from the Reality Level; (2) How is the construction of environmental issues in the film Green Warriors: Indonesia seen from the Level of Representation; (3) How is the construction of environmental issues in the film Green Warriors: Indonesia seen from the Ideological Level; (4) What is the narrative structure pattern of the Citarum River problem in the film Green Warriors: Indonesia. The method used in this research is a qualitative method with John Fiske's semiotic analysis approach, through literature study and related documents relevant to the research. Based on the results of the study, it was found: (1) Construction of Environmental Issues in the film at the Reality Level focuses on depicting the community around the Citarum River; (2) Construction of the film's Environmental Issues in the Representation Level focuses on depicting the Citarum River; (3) Construction of Environmental Issues in the film at the Ideological Level focuses on capitalism in the Citarum River area; (4) The Narrative Structure Pattern for the Citarum River problem in the film shows the approach and point of view developed by the filmmaker. Abstrak. Sungai Citarum memiliki sekelumit persoalan dari hulu hingga hilir. Kerusakan dan pembiaran yang berlangsung bertahun-tahun perlahan menjadi ancaman terhadap masyarakat sekitar. Film dokumenter sebagai media komunikasi massa dalam praktiknya merekam serta mendokumentasikan kehidupan masyarakat, ataupun mengangkat nilai-nilai tertentu yang berkaitan dengan kenyataan. Film Green Warriors: Indonesia The Worlds Most Polluted River mencoba merekam serta menyelidiki persoalan yang terjadi di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Berdasarkan hal tersebut, maka pertanyaan penelitian ini antara lain: (1) Bagaimana konstruksi isu lingkungan dalam film Green Warriors: Indonesia dilihat dari Level Realitas; (2) Bagaimana konstruksi isu lingkungan dalam film Green Warriors: Indonesia dilihat dari Level Representasi; (3) Bagaimana konstruksi isu lingkungan dalam film Green Warriors: Indonesia dilihat dari Level Ideologi; (4) Bagaimana pola struktur naratif permasalahan Sungai Citarum dalam film Green Warriors: Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuallitatif dengan pendekatan analisis semiotika John Fiske, melalui studi pustaka serta dokumen terkait yang relevan dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: (1) Konstruksi Isu Lingkungan film dalam Level Realitas berfokus pada penggambaran masyarakat sekitar Sungai Citarum; (2) Konstruksi Isu Lingkungan film dalam Level Representasi berfokus pada penggambaran Sungai Citarum; (3) Konstruksi Isu Lingkungan film dalam Level Ideologi berfokus pada kapitalisme pada lingkup Sungai Citarum; (4) Pola Struktur Naratif permasalahan Sungai Citarum dalam film memperlihatkan pendekatan serta sudut pandang yang dikembangkan oleh sineas.
Pengaruh Terpaan Media terhadap Kesadaran Mahasiswa tentang Protokol Kesehatan Covid-19 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) Nadya Kinasih Alkautsar; Dian Widya Putri
Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital Volume 1, No. 2, Desember 2021 Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital (JRJMD)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.76 KB) | DOI: 10.29313/jrjmd.v1i2.505

Abstract

Abstract. Covid-19 case first discovered in Wuhan, China, on December 2019. In Indonesia, Covid-19 case first discovered on March 2nd 2020. Since the emerges of the case, Indonesia’s Ministry of Health created a law to prevent the spread of the disease, which called Protokol Kesehatan Covid-19. One of the attempt to implement the law, Indonesian goverment create a rule called 3M, which is an abbreviation of Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak (Wearing Mask, Wash Hands, Social Dinstancing). That rule is spread by various mass media. The purpose of this research, is to find out the effectfrom the spread of the news regarding 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) rule, towards the consciousness of the citizen to applying those rule in everyday activity, with the sample of research are 94 student of Communication Science Faculty in Bandung Islamic University. Using the theory of Uses&Effects by Sven Windahl with quantitative research methode using a simple linear regression analysis. The results of this research shows : There’s an effect from the frequency of media’s news exposure towards the student’s conciousness in implementation of 3M rules, there’s an effect from the attention media’s news exposure towards the student’s conciousness in implementation of 3M rules, there’s an effect from the duration of media’s news exposure towards the student’s conciousness in implementation of 3M rules, there’s an effect from the media’s news exposure towards the student’s conciousness in implementation of 3M rules. Abstrak. Kasus penyakit Covid-19 pertama kali ditemukan di Wuhan, Cina pada bulan Desember 2019. Lalu menyebar hingga ke Indonesia sejak tanggal 2 Maret 2020. Semenjak muncul kasus tersebut, Kementerian Kesehatan mengeluarkan aturan untuk mencegah penyebaran penyakit Covid-19 yang dinamakan Protokol Kesehatan Covid-19. Salah satu upaya untuk melaksanakan aturan tersebut, pemerintah mengeluarkan aturan yang disebut 3M yang merupakan singkatan dari Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak. Aturan tersebut, disebarkan di berbagai media massa, baik online maupun tradisional. Penelitian ini, bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari penyebaran berita mengenai Protokol Kesehatan Covid-19 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak) pada media online Kompas.com, terhadap kesadaran masyarakat dalam menerapkan aturan tersebut, dengan sampel penelitian adalah 94 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung. Penelitian ini, menggunakan Teori Uses & Effects dari Sven Windahl dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan : Terdapat pengaruh dari frekuensi terpaan media terhadap kesadaran mahasiswa dalam menerapkan aturan 3M, terdapat pengaruh dari atensi terpaan media terhadap kesadaran mahasiswa dalam menerapkan aturan 3M, terdapat pengaruh dari durasi terpaan media terhadap kesadaran dalam menerapkan aturan 3M, terdapat pengaruh dari terpaan media terhadap kesadaran mahasiswa dalam menerapkan aturan 3M.

Page 1 of 1 | Total Record : 10